Dangyunhaji's Secret Obsessions

Peraturan sosial macam apakah itu?

Posted on: September 14, 2009

pjb

Four years, the time it took to change him from Jay Park to Park JAEBEOM

Four days, the time it took to destroy his dream.

Sebenernya, gw gak mau ambil pusing soal kasus yang nimpa leader 2 PM Park ‘Jay’ Beom. Sebelumnya, gw merasa beruntung tinggal di Indonesia yang masyarakatnya lebih open minded dan gak langsung nge-judge seseorang terhadap suatu kasus atau skandal yang menimpa orang tersebut. Terutama netizen Indonesia. Tapi ini udah blown out of proportions!

Pertama-tama, mungkin yang baca postingan gw gak tau siapa itu Park Jae Beom. Here a little insight…

Park Jae Beom adalah anggota idol group dibawah naungan JYP [Park Jin Young] yang menelurkan superstar Rain, G.O.D, Wonder Girl, 2 AM dan yang terbaru itu 4 Minute.

2pm3

Hal kontroversial apaan sih yang bikin gw sampe bela-belain post uneg-uneg gw gara-gara ini?

Sebenernya gw baru tau hari ini tentang skandal Park Jae Beom dari fans dia di FB. Karena status FB-nya gak lazim gue liat sama seperti status temen gue juga menyangkut G-Dragon baru-baru ini yang dinilai terkait plagiator. Gue cuman bisa ngasih support, I’m the hottest nuna support leader 2 PM Park Jae Beom to comeback on stage!! dan untuk G-Dragon…I’m a V.I.P that you can count on! Klise? No, no, no.

Jujur aja, gue penggemar berat yang namanya K-pop dan juga K-drama, buat gue dua hal tersebut udah kayak salvation army. Selain bisa liat cowok/cewek ganteng dan cantik, influence kultur negeri ginseng tersebut bikin gue mau belajar bahasanya. Tapi dibalik semua itu, dari tahun 2000an sampe sekarang, yang bikin gue emo adalah sebagian netizen Korea yang punya hati kecil dan juga suram. Gue juga bisa disebut netizen, karena sejak pagi manteng di depan komputer, surving net selama 12 jam berturut-turut, ikutan forum, bikin blog infotainment dan lain sebagainya. Tapi, gue gak pernah punya pikiran jahat buat menjatuhkan idola gue atau kurang kerjaan nyelidikin suatu hal hingga ke kotoran-kotoran yang dikeluarin dari anusnya juga gue musti tau. Ih, jijay bajay deh…

Mungkin hanya di Korea saja selebritis itu punya dua kubu yang selalu bersinggungan antara FANS dan Anti-fans. Gak mau jelasin ah, pokoknya ribet banget hubungan mereka itu. tapi yang pasti, Anti-fans dah kayak teroris. Mau contoh kasus, ada anggota DBSK yang dikasih minuman beracun, ancaman buat anggota Super Junior, dan mungkin masih banyak lainnya yang gak muncul ke media. Scary isn’t it?

Tapi, netizen Korea [yang berhati jahat] adalah manusia-manusia terbaik yang mengalahkan jurnalis manapun juga soal menggali informasi. Tepatnya, sesuatu yang simple dan sudah kadaluarsa di blow-up jadi sensasional yang dampaknya ‘membunuh’ karir seseorang, dan bahkan jiwa seseorang karena kerasnya kritikan yang dihujamkan pada si ‘terdakwa’ [kasus cewek yang foto bareng Kang In ‘Super Junior’, almarhum akris Choi Jin Sil] yang menurut mereka[red.netizen] bersalah pada norma sosial yang diterapkan di Korea pada umumnya.

Ironis memang kehidupan selebritis di sana yang masih ketat menjalankan norma ‘jangan pernah berbuat kesalahan, harus terlihat sempurna, jika kesal jangan perlihatkan’ ah, pokoknya mereka harus sesuai dengan apa yang masyarakat inginkan, mereka cuman dianggap barang komoditi bukan manusia, dan ‘publik’ yang punya hak milikin mereka. WTF! Mereka itu manusia, emangnya Tuhan atau dewa? Jujur aja, kalo gue denger berita-berita soal meninggalnya artis Korea karena bunuh diri, pasti otak gue udah langsung mikir…OMG, ulah netizen lagikah?

Untuk kasus Jay, sekilas begini beritanya. 4 hari yang lalu, ada netizen yang nge-blow up postingan komen Jay yang bilang : Korean are sooo gay!…I hate Koreans. Di Myspace miliknya sekitar 4 tahun yang lalu.

Untuk remaja belia yang datang dari Amerika ke tempat yang sangat-sangat baru dan asing 4 tahun yang lalu, sudah sewajarnya kalau dia posting uneg-unegnya saat dia masih jadi trainee di JYP yang setiap hari kerjanya cuman latihan dan latihan, seperti yang dikatakan JYP soal Jay, saat itu dia remaja yang sangat-sangat rebelius, yang mikir kalau dia hanya terlahir untuk jadi b-boys, gak ada kualitas jadi idol. Yang sering bikin masalah sama staff dan gak menaruh hormat bahkan sama JYP sekalipun. Tapi selama dia training, ketemu orang baru, merasa dirinya sudah nyaman berada diantara orang-orang Korea, Jay berubah banyak ke hal yang positif.

Jadi, perihal komennya di Myspace tentang : Koreans are sooo gay…I hate Koreans! Udah gak berlaku lagi di otak Jay, karena dia setahu gue udah enjoy sama curahan kasih sayang dan juga dukungan yang diberikan fans-fansnya secara pribadi atau pun bersama dengan groupnya 2 PM.

Gue tahu kalau orang Korea itu pride-nya tinggi dan gak bisa nerima sedikit saja kesalahan, apalagi yang menyangkut nasionalisme macam beginian. Tapi seharusnya masyarakat gak sembarangan bikin opini yang terlihat menyudutkan Jay bak dia bikin kesalahan besar. That is soooooo lame, dude! Makanya gue setuju sama apa yang dibilang sama mamanya Go Jun Pyo di awal-awal episode Boys Over Flower. Kalo opini publik itu menakutkan karena mereka gak tahu apa-apa. Don’t get me wrong, tapi itulah yang gue rasain di kasus-kasus yang menimpa selebriti-selebriti Korea saat ini. Dan puncak dimana gue ngerasa ,” OMG…get a life you F*@$##$%! B1tch3s!” Ketika meninggalnya aktris Choi Jin Sil yang terus-terusan dikritik karena dituduh sebagai penyebab kematian Ahn Jae-hwan, rekanan selebritis juga karena meminjamkan sejumlah uang dan bertindak sebagai rentenir yang meminta uangnya kembali ketika Ahn sendiri terjerat hutang yang sangat besar. Dia dihujat sebagai lintah darat, dan dikecam oleh publik sampe gak tahan lagi, kemudian memutuskan untuk bunuh diri. Well done, netizen berhati kejam! Tepuk tangan lah gue…denger hal kayak gitu langsung miris hati gue. Mana Choi punya anak dua? Gak mikir apa ya dampak psikologis si anak yang tahu kalau mamanya bunuh diri?! Sebegitu kuatnya kah opini publik? Gue emang gak ngerti dan jauh dari yang namanya literate soal yang beginian.

Tapi daripada berbuat yang merugikan orang lain, mending kalo mo nulis blog, tulislah hal yang berguna. Ngapain kasih komentar yang jelek-jelekin orang sampai dapet konsekuensi yang tinggi yang harus dibayar mahal oleh yang dituduhkan sama si pysco tersebut.

Belum lama lalu, Baek-ga dari grup Koyote dituduh melakukan hal asusila oleh netizen yang munculin fotonya Baek-ga bikin dia stress. Padahal setelah diselidiki, orang yang melakukan hal asusila tersebut hanya mirip dengannya. Tapi tuduhan itu berdampak besar pada karir dan juga pandangan orang lain terhadapnya.

Begitu juga dengan apa yang mereka tuduhkan pada Jay sebagai orang yang tidak tahu diri, jika tidak suka dengan orang Korea untuk apa bekerja cari uang dan ketenaran di Korea? Dan yang paling parah adalah blow up dari media massa dengan headline-headline yang gak penting banget!

Bravo sekali lagi, karena ulah satu netizen…seorang anak yang berbakat, punya karisma sebagai seorang idol, dan terimakasih juga pada media massa yang berhasil ‘membunuh’ karir, dan membuat seorang Jay gak bakalan bisa lagi masuk ke Korea karena statemennya itu dinilai tidak patriotik karena meskipun Jay orang Amerika, tetep akar dan darah yang ada di tubuhnya adalah Korea, tapi melecehkan kaumnya sendiri.

Karena hal itu, Jay memutuskan untuk berhenti dari 2 PM dan balik ke Seattle. Gak ada yang tahu selain Jay sendiri apakah dia beneran benci orang Korea atau cuma rantingan anak remaja yang saat itu nunggu kapan debut pertamanya dimulai? Tapi karena komennya itu 4 tahun lalu yang diblow up sama psyco netizen yang udah minta maaf tapi telat karena nasi udah jadi bubur. Oke lah, meskipun dia pernah nulis gitu di personal page dia. Tapi gak boleh ada yang maksa dia sampe berhenti gitu aja karena ‘respon publik’ yang memintanya berhenti dan digembar-gembor sama media pers. Dalam rentang waktu 4 hari, dia gak dikasih waktu ngejelasin apa yang terjadi? Malah digiring keluar sama masyarakat yang gak punya sense sama sekali. Please deh, anak itu cuman bikin 1 kesalahan, kalo udah bikin lebih dari 2 kesalahan, barulah berkoar-koar! Oops…apa nge-rant itu juga termasuk kesalahan? Kayak kita gak pernah nge-rant kala kita lagi bete atau lelah sam hidup yang gitu-gitu aja.

Gue sekarang bisa seneng karena kasus Jay punya dampak besar supaya masyarakat Korea terutama netizennya supaya bisa lebih hati-hati dalam berbicara di dunia maya. Apalagi sekarang banyak orang yang dukung dia baik dari kalangan selebritis dan juga dari pejabat-pejabat negara supaya hal seperti itu gak terulang lagi, mereka semua harus bisa menerima perbedaan apapun itu dengan akal sehat dan gak perlu menggila dan panas kayak gitu. Seperti yang gw kutip dari 10asia via omonatheydidnt :

10 Asia article about Jay + Korean Grand National Party member Jeon YeoOk speaks up

…….A member Jeon Yeo-Ok of political party HanNaRa Party/Grand National Party, conservative political party in South Korea, speaks up about the recent incident of 2PM JaeBum and criticisms against him about the posts he wrote on his MySpace page before debut.Jeon YeoOk spoke about it during her appearance on SBS ‘Current Affairs’ aired on 11th September.
She said, “Through globalisation, JaeBum’s recent MySpace incident arose but I thought isn’t it like closed nationalism with our own people casting him away like that? I thought that we should be cherishing instead of casting away a youth who wrote something in his own private space 4 years back when he was only 17~18 years old and when he is new to the culture that he was placed in. This is very heartbreaking.”
She added, “In my point of view, what JaeBum wrote on his MySpace page 4 years ago was something that he wrote in his private space when he was feeling lonely in this foreign land having to leave his home in the States. Isn’t it cruel to keep tracking and digging into this incident? To what extent should we protect the private life of entertainers? What he wrote was something private to him when he was still a trainee.”

Gue tahu kalau dunia maya itu bisa bikin seseorang terkenal, dan gak takut apapun juga. Tapi tetep jah, orang itu bikin dosa karena ‘membunuh’ orang lain dengan tangannya sendiri. Seperti kata pepatah, “Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan”–berlaku di kasus-kasus yang gue sebutin di atas.

Mustinya mereka mikir dulu kalo mau ngejudge orang sebelum segalanya jadi berantakkan kayak gini. Meskipun gue gak seneng sama info selebritis dalam negeri, tapi opini masyarakat sama pemberitaan baik/buruk/hoax yang diberitakan gak bikin netizen kita pada gila. Contohnya, soal Cinta Laura. Yang gue baca kalau ultah dia bertepatan sama hari kemerdekaan RI, tapi dia gak tau sama sekali dan cuman inget kalau 17 Agustus itu ultah dia doang. Banyak yang ngecam, tapi kecamannya lebih sehat karena dijadiin bahan lawakan…dan buktinya dia gak sampe minta maaf dan gak diusir balik lagi ke negara bapaknya karena dianggap gak nasionalis.

Inilah enaknya kalau pikiran kita terbuka dalam menganalisa sesuatu. Bisa melihat titik terang dalam gelap, lalu bisa menggunakannya untuk memberikan penjelasan bagi yang tidak mengerti.

Kayaknya, ini postingan terpanjang dan gak masuk akal yang pernah gue post selain cerita-cerita gue. Huahahaha…tapi setidaknya ini pembelajaran buat gue yang sehari-hari suka mantengin kompi di trit gosip dan televisi, kalau gue gak tau apa-apa, just shut the fuck up or laugh about it! :)

Hottest nuna signing off

Leadja…Fighting!!

di posting ulang dari blog gw satunya lagi Counting Wayward

1 Response to "Peraturan sosial macam apakah itu?"

gw setuju banget ma lo..coz masak cuman gara2 Jay ngomong “korean gays..i hate koreans” bla bla bla..udah langsung disuruh kluar dari 2pm!!WTF..apa pikiran para Netizen itu pada pendek ya??dan kalo gw pikir2,,artis KOrea hanyalah boneka dari para NETIZEN..klo netizen mau dia[artis korea]telanjang,,apakah mreka[artis korea] harus melakukannya??trus kalo mreka[artis korea] nolak..apa mreka harus turun dari keartisannya??apa mreka harus mati??
hah..gw kesel bgt ama pikiran2 netizen..kayak mreka gag punya salah satupun..padahal toh ya klo mreka tinggal di negara lain n memiliki budaya yang sangat2 berbeda PASTINYA mreka juga bakal menjelek2an negara itu..hufh..tapi ya sudahlahkita hanya bisa berpasrah aja ama Tuhan YME..Dia pasti punya jalan yang lebih baek untuk JAY..dan smoga aja para CR**Y netizen itu udah pada NORMAL n minta maaf sebesar2nya pada JAY serta minta JAY balik lagy..amien……
LEADJA~~~~FIGHTING!!!
n Take care yaw…

Tinggalkan Balasan

Kalender

September 2009
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip Dangyuhaji

Terimakasih

  • 481,095 Pengunjung
Make Money Blogging

Drama of The Week

When Spring Comes Cast: Park Geon Young, Kim Nam Gil, Lee Hana, Park Si Yeon

Movie of The Week

No Regret Cast: Kim Nam Gil[Lee Han],Lee Yong Hoon, Kim Dong Wook, Kim Jung Hwa

Yang lagi Online

web stats
