Dangyunhaji's Secret Obsessions

Ketika Jung Il Woo berbicara…Part.2

Posted on: Juli 26, 2009

jiw_10asia20

“Di sebuah tempat dimana awan kepopuleran mulai menghilang, aku mulai merasa punya ambisis untuk berakting.”

Ketika kau memasuki fase terakhir dalam drama dan Iljimae kini menjadi ahli dalam segala hal, kau pernah bilang kau punya cara yeng berbeda untuk menampilkan karakternya itu. Bagaimana sekarang?

Kini aku merasa aman. Sebenarnya, kemarin aku beradu akting dengan Park Geun-hyung seonsangnim yang bermain sebagai Kim Ja-jeom. Beliau adalah aktor yang bagus dan juga berdisiplin tinggi, makanya aku sedikit khawatir. Skripnya baru datang beberapa waktu yang lalu, jadi aku berlatih adegan itu sekitar dua bulan lalu, bahkan aku pergi menemui Lee Seon-jae, yang banyak sekali mengajariku berakting saat di Highkick dulu untuk meminta nasehat. Tetapi kemarin, Park Geun-hyung memperlakukanku dengan baik, dan kami latihan sebanyak lima puluh kali. Beliau menghampiri dan menjelaskan secara detail, satu per satu, dan menyemangatiku dengan mengatakan tidak apa-apa jika aku melakukan kesalahan dan juga NG. Aku benar-benar berterimakasih padanya.

“Ketika aku pergi ke  lokasi syuting, aku akan melupakan angka-angka rating.”

Imagemu sebagai Yunho di Highkick terkesan kau itu suka sekali bermain-main, tapi rupanya lebih mirip oarang yang bekerja keras.

Ketika aku bekerja, kadang aku terlalu fokus dalam proyek yang ku kerjakan. Oleh karena itu aku tidak akan merasa kecewa atau sedih setelah menyelesaikannya, jadi jika aku bekerja aku memberikan seluruh jiwa dan ragaku.

Jika kau merasakan perubahan sejak menjalani syuting Iljimae, apa perubahan itu?

Rasanya aku mulai mengerti apa itu akting. itu bukan berarti aku sudah menjadi aktor yang baik, tapi aku jadi tahu seperti apakah akting itu, dan bagaimana melakukan semuanya dengan ekspresi. Tidak seperti yang aku lakukan dulu, yang hanya membaca skrip dengan tekun dan menghafalkannya diluar kepala dengan tepat. Kau harus bisa menjadi karakter tersebut. Kuncinya bukan menghafal dialog dengan baik, tapi kau harus tahu juga bagian-bagian yang penting dalam sebuah scene. sebenarnya, saat-saat awal aku syuting Iljimae, aku punya determinasi untuk melakukan yang terbaik, makanya aku menghafal naskah yang diberikan. Namun Park Geun-hyung memberiku nasehat, “Cara seperti itu tidak efektif. Kau hanya harus fokus pada dialog yang penting-penting saja, itu akan membuatmu lebih mudah memahaminya.” Begitupula jika aku berbicara dengan intonasi terlalu halus, maka hasilnya tidak akan terlalu terlihat muda, jadi aku tidak boleh bicara dengan gaya seperti itu. Belajar dari aktor ke aktor sangat berbeda dengan sutradara ke sutradara dengan sutradara Hwang.

Sebagai pemeran utama, apakah kamu sedikit khawatir tentang rating?

Jujur saja, aku tidak khawatir. Karena kita sudah syuting selama tujuh bulan sebelum tayang, aku lupa akan hal itu. Aku sangat terkejut ketika ratingnya tinggi saat pertamakali ditayangkan di televisi. Yang membuat ku khawatir adalah aktingku yang harus lebih baik lagi nantinya. Lalu, setelah melihat episode pertama di televisi, aku menelpon sutradara Hwang, yang mengatakan padaku,” Jangan khawatir soal rating yang keluar ataupun rating yang rendah sampai depresi. Kita sudah melakukan apa yang kita lakukan. Kita membuat drama yang bisa kita nikmati.” Oleh karena itu, aku lupa akan rating ketika ada di lokasi syuting.

Aku dengar, saat bertemu dengan Hwang In-roi pertamakali yang didiskusikan adalah popularitasmu.

Setelah Highkick selesai, melihat bagaimana kepopuleran itu menghilang dalam satu waktu, bagaikan awan, aku memang menjalani hari-hari yang menyulitkan. Tapi memang sudah menjadi tekatku untuk vakum sementara daripada bekerja, jadi aku berfikir pada diriku sendiri, “Jika popularitas bisa berada di puncak, suatu saat popularitas juga bisa turun.” Makanya aku bilang pada sutradara hwang.”Aku memutuskan untuk tidak terikat pada kepopuleran. Jika proyek yang kulakuan berjalan baik dan aku pun melakukan pekerjaan itu dengan baik, maka kepopuleran akan datang lagi padaku.”

jiw_10asia13

“Aku mengatakan pada Lee Min Ho untuk menikmati kepopulerannya dari Boys Over Flower.”

Melihat kebelakang, kepopuleranmu dalam drama Highkick benar-benar bagus. Apa kenangan yang paling kau ingat?

semua bagaikan mimpi [tertawa]. Ketika mengerjakan Highkick, syuting dan jadwal sibuk sekali, jadi kau tidak meraskan kalau aku itu populer. Sadar kalau aku itu populer jika saat keluar makan , semua orang mengenaliku, begitu pula ketika syuting videoklip untuk penyanyi Gu Jung-hyun, “오죽했으면” melihat orang-orang berkerumun menjejali jalanan. Karena sangat padat, aku tidak bisa menikmati waktuku dan sedikit bingung, mereka itu menyukai ku atau karakter Yunho? Tentu saja aku sangat senang bisa mengalami hal-hal seperti itu. Tapi aku tidak merindukannya.

Teman karibmu Lee Min Ho sedang mengalami hal yang sama dengan perannya di KBS drama Boys Over Flower. Sebagai senior yang debut terlebih dahulu, apa yang kau katakan padanya?

Ketika kau sedang naik daun, banyak hal yang terjadi yang tidak pernah kau bayangkan sebelumnya, dan kadang Minho juga sering bertanya, “Apa yang harus kulakukan dengan situasi seperti ini?” Tapi jika dipikir lagi, dulu pun aku bertanya tentang hal yang sama padanya [tertawa]. Jadi yang kukatakan padanya agar menikmati hasil dari kerjakerasnya itu. sebenarnya sekarang Minho menjalaninya dengan baik dengan semua perhatian terpusat padanya. Sekarang ini, aku ingin mengucapkan selamat padanya sebagai teman, dan untuk kedepannya kita bisa bersaing secara sehat. Lebih dari itu, aku sangat senang punya sahabat yang bisa mensuport ku dalam keadaan apapun juga.

Sejak kau meneruskan ambisismu di bidang akting dan berusaha menjadi terkenal, menurutmu apa yang sudah kau dapat dan kehilangan apa?

Ada beberapa hal saat di Highkick. Salah satunya , aku tidak bisa punya waktu luang atau bebepergian dengan bebas. Namun sekarang sudah tidak begitu menggangu. Inilah jalan hidup yang kupilih, makanya aku tidak berfikir sudah kehilangan sesuatu.

Sebagai seorang aktor, apa kelemahanmu?

Dulu, cara bahasaku. Saat di Highkick aku buruk di artikulasi, dan bekerja keras untuk memperbaikinya. Meskipun masih, tetapi sekarang tidak seburuk dulu. Sekarang aku ingin sekali melakukan banyak ekspresi wajah, jujur saja Iljimae tidak banyak melakukan ekspresi wajah, hanya dengan ‘pandangan dingin’ bisa menyampaikan berbagai emosi. Karena akting adalah seni dimana penyampaiannya adalah dirimu sendiri, jadi aku ingin sekali melakukannya untuk menyampaikan perasaan baik itu ekspresi wajah ataupun tatapan. Meskipun aku harus menunggu hingga usiaku naik untuk bisa mendapatkan kekuatan untuk itu [tertawa].

“Aku pikir, akting bukanlah sesuatu hal yang bisa dilakukan dengan setengah hati.”

Jika itu masalahnya, apa kau punya sesuatu yang membuatmu bangga, sesuatu yang ada sejak lahir yang bisa membantumu dalam hal berakting?[tertawa]

Uhm…tidak juga. itu karena akting bukanlah sesuatu yang dinilai dari baik atau buruknya kau melakukan sesuatu. Semua berdasarkan seberapa baik kau bisa menjadi karakter dan mengekspresikan karakter itu. Jujur, aku rasa akting bukanlah sesuatu hal yang bisa dilakukan dengan setengah hati.

Hal apa yang paling sulit yang ada dalam kehidupanmu.

Aku yakin banyak sekali yang terjadi dalam hidpuku, tapi aku memasukkan semuanya kedalam botol. Banyak hal yang terlihat sangat gelap dan juga menyakitkan dalam waktu yang bersamaan, tetapi ketika sudah melewati hal itu, mereka jadi tidak berarti lagi. ketika aku bekerja, pekerjaanlah yang membuat ku merasa terbebani, dan ketika aku tidak bekerja, aku merasa terbebani juga karena tidak ada pekerjaan [tertawa].

Ketika kau bekerja, apa ada perasaan takut akan sesuatu dan kesepian?

Iya. bukan hanya saat di Highkick, sekarang juga. Meskipun aku bekerja ada kalanya aku merasa benar-benar kesepian. Tapi hal itu seiring waktu berjalan tidak terasa lagi. Pada titik tertentu, adakalanya semua berbalik. Jika titik balik itu tidak kunjung datang, aku memilih untuk mencarinya sendiri. Aku merasa sedikit depresi beberapa waktu lalu, tetapi setelah berakting bersama Park Geun-hyung, perasaanku mulai berubah. Kini aku akan memakai cara itu untuk melepas stressku.

Dibandingkan sekitar dua tahun lalu ketika kau masih menjadi Yunho di Highkick, apa kau bisa melihat bagaimana masa depanmu sekarang?

Tidak terlalu jelas, tapi caraku dalam bekerja sudah sedikit lebih nyaman. Dulu, aku tidak sabaran dalam memilih sebuah proyek, dan jika melihat sesuatu yang tidak menarik perhatian, aku tidak mau melakukannya. Tetapi sekarang, aku memilih untuk memikirkannya dengan hati-hati tentang pekerjaan atau pun keputusan-keputusan yang akan ku buat. Begitu juga jika aku sudah memutuskan sesuatu, perasaan ku juga harus menyatu dengan proyek itu, jika aku tidak yakin 100% dengan proyek itu, mana mungkin hasilnya akan bagus. Return of Iljimae adalah proyek yang sangat ingin kulakukan, aku benar-benar bekerja dengan baik untuk ini.

Untuk lebih lanjutnya, proyek seperti apakah Return of Iljimae bagimu?

Sebuah proyek dimana aku bisa mengartikan segala hal, baik sebagai seorang aktor, dan juga manusia.

jiw_10asia-12

jiw_10asia-1

Sumber : 10asia






3 Tanggapan to "Ketika Jung Il Woo berbicara…Part.2"

Il woo di REI.. bener bener kerennnn🙂 nyesel deh kalau ga nonoton🙂

Akting Ill woo di REi Ok banget.. mungkin yg membuat rating jeblok,episode 1 sd 5 membosankan /tidak menarik.. bikin penonton ogah melanjutkan tontonannya.. apalagi dibandingkan dengan iljime Jun ki..waah pantas penonton pada kabur !! tapi masuk episode 6 dan seterusnya bikin mata ga berkedip… seru!serU! ga kalah dg Iljimae versi Lee Jun ki… yg aku suka adegan laga nya porsinya lebih banyak dibandingkan versi sebelumnya… ok banget.. wajib nonton deh…🙂

akting Jung Ii Woo dalam Iljimae OK!
apakah Iljimae akan ada lanjutan ceritanya?

Tinggalkan Balasan

Kalender

Juli 2009
S S R K J S M
    Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip Dangyuhaji

Terimakasih

  • 481,041 Pengunjung
Make Money Blogging

Drama of The Week

When Spring Comes Cast: Park Geon Young, Kim Nam Gil, Lee Hana, Park Si Yeon

Movie of The Week

No Regret Cast: Kim Nam Gil[Lee Han],Lee Yong Hoon, Kim Dong Wook, Kim Jung Hwa

Yang lagi Online

web stats
