Dangyunhaji's Secret Obsessions

Ketika Jung Il Woo berbicara…Part.1

Posted on: Juli 25, 2009

jiw_10asia-2

Yup…meskipun interview ini udah lama, yaitu sekitar bulan Maret 2009 ketika drama Return the Iljimae bakalan habis tayang di televisi. Gue ngubek-ngubek situs 10asia, dan akhirnya dapet.

Alesan kenapa gue pos interview ini, karena drama terbarunya ‘My Fair Lady’ bareng Yoon Eun Hye bakalan tayang sebentar lagi. Kalian (termasuk temen-temen gue diforum sedikit yang tahu siapa itu Jung Il Woo) gue kenalin sama Jung Il Woo sekaligus pendapat pribadinya tentang Lee Minho yang nota bene sobat karibnya.

Jung Il Woo : Iljimae dan Aku, matang dari sebuah proses kekacauan.

Pada awal tahun 2007, saya [penulis] bertemu pertamakali dengan Jung Il-woo, dia adalah anak yang punya jiwa pemberontak Lee Yun-ho dalam acara sitkom MBC Unstoppable Highkick [거침없이 하이킥]. Meskipun saat itu dia adalah mahasiswa tingkat satu di sebuah Universitas, pakaian SMA malah kelihatan lebih cocok dikenakan olehnya, senyumannya yang tulus menghipnotis para wanita, dan , mungkin masih belum terbiasa dengan segala perhatian yang tertuju pada dirinya, dia sedikit tidak mau terbuka pada orang lain, dan terlihat pemalu. Dan dua tahun pun telah berlalu.

Saat itu, Jung Il-woo meninggalkan posisinya sebagai aktor remaja dan beralih menjadi aktor profesional yang bekerja diantara aktor/aktris terkenal lainnya dalam film omnibus My Love [내 사랑], dan kembali terjun ke drama lewat drama MBC  Return of Iljimae [돌아온 일지매], yang harus dilalui masa syuting selama 6 bulan penyelesaian dimuka. Waktu memang berjalan sangat cepat, tetapi langkahnya tidak pernah gegabah. Apa sebenarnya pikiran laki-laki berumur 23 tahun ini ,yangsudah menjadi bintang top di usia yang masih belia 20-an, dan apa sajakah yang sudah dipelajarinya? Itulah kenapa aku ingin bertemu dengan Jung Il-woo lagi, yang sudah menjadi orang dewasa melalui karakter Iljimae. Dan saat ini, Jung Il-woo yang saya temui, bukanlah seseorang yang pemalu lagi.

jiw_10asia9

“Aku hanya mengambil beberapa peralatan dan naik gunung untuk memulai syuting”

Sepertinya, suaramu mulai dewasa seiring berjalannya waktu?

Jung Il-woo : Terimakasih. [tertawa] Suaraku memang telah berubah. karena Iljimae itu orangnya tenang dan sangat dingin, aku berlatih agar intonasi suara ku cocok dengan karakternya, rupanya suara ku ini berubah dengan sendirinya.

Aku mengerti bahwa Return of Iljimae akan segera habis masa tayangnya. Jadi, bagaimana kemajuannya?

Kami sedang syuting untuk episode 23. Ada banyak lokasi syuting – kami sudah pergi ke Gwangyang, dan mungkin sekali lagi harus ke Wan-do. Gangwondo, Jeollado, Kyungsangdo…kami sudah menjelajah ke seluruh negeri. Karena aku selalu tidak dapat sinyal ketika syuting di daerah hutan, terkadang aku matikan saja ponselku, dan ketika daerah hutan itu tidak mengijinkan dilalui dengan kendaraan bermotor, aku mengambil peralatanku dan mulai naik gunung untuk syuting.

Syuting Return of Iljimae dimulai pada akhir musim panas kemarin. Bagaimana kesan mu saat bertemu dengan sutradara Hwang In-roi?

Beliau bertanya banyak persoalan pribadi, seperti bagaimana aku menghabiskan hidupku selama ini, dan juga tentang keadaan keluargaku.

Sampai detik itu, kau sedang mempersiapkan drama sutradara Lee Yoon-jung drama Triple.

Meskipun aku belum teken kontrak, aku sudah mempersiapkannya selam 4 bulan. Aku dikasting sebagai skater jarak pendek, jadi aku latihan selama tujuh jam dalam sehari. [Tapi baguslah dia gak jadi di Triple, peran di Triple diisi sama aktor muda Song Joon-ki. Gue baru tahu tentang hal ini]

Sepertinya itu sebuah latihan yang berat. Berapa rekor tercepatmu?

Atlit nasional wanita mencatat rekor 8 menit mengitari satu lap. Aku hanya 10 detik satu lap.

Mempertimbangkan hal itu, terlihat sangat disayangkan atas segala daya upaya belajar es skating untuk Triple dan malah menerima Iljimae?

Tidak juga. Aku hanya menganggapnya hal yang diperlukan untuk dimasa depan. Itu semua suatu hal yang sangat menyenangkan.

jiw_10asia15

“Aku berfikir menjadi seorang pahlawan bukanlah sesuatu yang terjadi dalam satu waktu.”

Highkick Kim Byeong-wook, Triple Lee Yoon-jung, Return of Iljimae Hwang In-roi…mereka semua adalah orang-orang yang hebat dibidangnya. Sepertinya kau beruntung bisa bertemu dengan orang sekaliber mereka. Bagaimana perasaanmu?

Untuk memulainya, aku akan katakan bahwa mereka punya satu kesamaan dalam sifat mereka yang cepat naik darah. [tertawa] tapi jika mengaitkannya dalam pekerjaan, mereka bertiga jagonya, dan juga mereka orang yang baik hati.

Apakah kau sudah membaca komik orisinil Iljimae sebelum memutuskan untuk syuting Iljimae?

Tentu saja. pertama-tama untuk mendapatkan penghayatan dari si karakter, kemudian plotnya. Seiring membaca kisahnya, aku berfikir meskipun Iljimae itu seorang pahlawan, dia bukanlah pahlawan sejak dilahirkan. Sebagai manusia, keadaannya sangatlah menyedihkan dan perlu dikasihani karena mengalami berbagai ketidakberuntungan, tetapi dia tetap merasakan dan berubah banyak. Aku berfikir kalau menjadi seorang pahlawan itu bukanlah sesuatu yang terjadi dalam satu waktu.

Apa kau ingat hari pertama syuting?

Bulan Juli tanggal 23 tahun lalu. Kita syuting di Danyang, scene pertama kali itu menceritakan Iljimae sedang latihan bela diri dari gurunya, itu bagian kecil dari cerita Iljimae yang besar di Cina. Hari itu hujan turun banyak, tapi sutradara tetap saja syuting, jadi meskipun hujan kami syuting terus seharian. Penderitaan saja sudah dimulai sejak hari pertama [tertawa].

Sutradara Hwang In-roi adalah orang yang sangat disiplin, dan sering menuntut banyak hal dari aktornya dalam level berakting. Bagaimana caranya menggambarkan semua itu di set pada mu?

Beliau selalu marah, dan berkata, “Pikirkan bersama-sama!”[tertawa] Tapi aku baru menyadari kalau beliau tidak akan lepas kendali marahnya jika sedang bersama wanita.[tertawa] Mudahnya, saat awal-awal, beliau menyuruhku untuk tidak menjadi Jung Il-woo, melainkan Iljimae, hal itu yang membuatku sangat khawatir. Dalam kata lain, itu juga termasuk tidak tertawa saat diset, atau jika aku terluka jangan mengeluh dan lanjutkan, aku lakukan saja tanpa bertanya dan bekerja keras untuk jadi Iljimae. Tetapi sekarang, beliau kelihatan tidak suka marah-marah lagi. Beliau pun kini tidak sering memberiku instruksi, beliau hanya berkata, “Lakukanlah seperti itu!”

Karakter Iljimae adalah karakter yang sangat lah tidak mudah dan juga unik, bukan pula seseorang yang gampang sekali kau contoh dengan mengikuti contoh kehidupan dari orang lain. Dia sepertinya karakter yang sangat sulit dimengerti.

itulah sumber dari kesulitan yang ku alami. Kadang sutradara menyuruhku untuk jangan tersenyum, kadang pula menyuruhku untuk tersenyum. kemudian juga, beliau menyuruhku untuk tersenyum manis atau senyuman yang mengisyaratkan ‘tidak mau ikut campur'[tertawa]. Lalu, aku pikir Iljimae mulai mengalami perkembangan ketika memasuki episode 13 atau 14. Memikirkan hal itu, Iljimae bukan lah seorang pahlawan dari semula. Dia lahir dari kekacauan dan juga kebimbangan, lalu mengalami perubahan seiring waktu berjalan, jadi boleh dibilang aku pun mengalami pendewasaan seiring drama ini.

jiw_10asia18

“Iljimae adalah laki-laki yang jahat terhadap Wol-hee”

Drama itu berisikan banyak sekali bela diri. bagaimana rasanya, berakting sambil belajar berbagai ilmu beladiri dari Korea, Cina, dan Jepang?

Aku pernah latihan Hapkido dulu, dan awal persiapan syuting drama, aku menghabiskan latihan fisik. Aku berlatih 7 jam dalam sehari, termasuk lari 7 kilometer. Mungkin karena aku suka latihan, tapi mengesampingkan kami harus bekerja hingga malam dan tidak tidur, scene beladiri ternyata tidak sulit, dan aku senang sekali saat adegan wiring.

Adegan antara Iljimae dan wol-hee dalam drama sangatlah penting sama halnya dengan adegan bela diri – menurutmu hubungan seperti apakah Iljimae dan Wol-hee itu?

Memang seperti itu yang aku baca di komiknya juga, menurutku cinta pertama Iljimae adalah Dal-yi, yang diarak dan mati dipenggal. Negatifnya, Iljimae hanya mempermainkan Wol-hee saja. [tertawa] Hal seperti itulah yang kulihat darinya. Meskipun sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan Wol-hee, dia bicara dengan Wol-hee ketika sedang merasa sendrian, kemudian pergi meninggalkannya, dia sendiri yang membawa masalah pernikahan tapi malah dikesampingkan, dan secara tiba-tiba pula menutup kehadiran diri Wol-hee dihatinya dan tidak mau kembali. Dia benar-benar pria brengsek. [tertawa] Oleh karena itulah Wol-hee mencoba bunuh diri. Sutradara bilang kalau Iljimae memang sangat menyukai Wol-hee, tapi aku sendiri tidak berfikiran seperti itu. Oh,…mungkin saja dia suka, tapi bukan cinta. Bagaimanapun juga, drama kami ini dibedakan untuk tidak memainkan perasaan seperti itu dengan cara yang ekstrim, dan begitulah yang diinginkan oleh sutradara. Meskipun memerlukan adegan dramatis, kami tidak akan melakukan hingga titik ekstrim.

Dalam komik orisinilnya, ada satu babak dimana Iljimae harus berpakaian seperti seorang Gisaeng *hostess*. Aku sangat penasaran bagaimana kau membawakannya.

Akting adalah akting, jadi bagian itu juga tidak masalah. Yang jadi masalah adalah mengenakan pakaian Hanbok wanita. Roknya dipakaikan mulai dari dada dan diikat sangat kencang sampai-sampai merasa kesakitan, begitupula dengan ornamen rambut yang berat dan juga sangat tidak nyaman, apalagi make-upnya memakan waktu lebih dari satu jam. Itu semua pengalaman yang mungkin tidak akan kulakukan lagi [tertawa].

Ketika tidak memamerkan tubuhmu secara keseluruhan, itu semua sangatlah cocok terlihat darimu, meskipun aku yakin adalah satu hal yang aneh seorang wanita dengan tubuh tinggi 184 centimeter di jaman Joseon [tertawa].

Tidak perduli bagaimana indahnya adegan itu diambil, karena tidak bisa dipungkiri untuk tidak mengambil gambar seluruh badan. Aku khawatir kalau itu akan merusak efek dan malah menjadi kurang menarik, tetapi saat mendengar komentar mereka, “Ini terlihat lebih bagus dari apa yang ku bayangkan.”

bersambung…




Tinggalkan Balasan

Kalender

Juli 2009
S S R K J S M
    Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip Dangyuhaji

Terimakasih

  • 481,206 Pengunjung
Make Money Blogging

Drama of The Week

When Spring Comes Cast: Park Geon Young, Kim Nam Gil, Lee Hana, Park Si Yeon

Movie of The Week

No Regret Cast: Kim Nam Gil[Lee Han],Lee Yong Hoon, Kim Dong Wook, Kim Jung Hwa

Yang lagi Online

web stats
